Thursday, November 5, 2009

Menanti akses baru ke Cibubur dan Cileungsi

Sabtu, 27/06/2009, Bisnis Indonesia Online

Bagian lain di kawasan Bogor yang tengah bergeliat adalah koridor Cibubur-Cileungsi. Sejumlah perumahan skala besar sudah digarap di wilayah tenggara dari Jakarta ini. Pemerintah berencana menambah akses baru jalan tol Cimaggis-Cibitung untuk mengurai kemacetan di jalur itu.

Ada lebih dari 20 proyek perumahan sepanjang jalan Cibubur-Cileungsi-Mekarsari hingga Jonggol yang tengah digarap. Beberapa perumahan diantaranya merupakan kawasan elite dan digarap dengan skala besar. Perumahan Citra Indah, Citra Gran, Kota Wisata, Legenda Wisata, Harvest City, dan Taman Metropolitan adalah beberapa di antaranya.

Penawaran hunian murah juga masih marak terlihat sepanjang jalur tersebut. Spanduk dan poster penawaran hunian seharga Rp100 jutaan dapat dengan mudah ditemui jika Anda melalui jalur ini dalam sepekan terakhir. Kawasan elite dengan skala kecil juga banyak dibangun di pinggir jalan sepanjang jalur itu. Intinya penawaran hunian dan lahan tidur di wilayah itu masih sangat terbuka.

Hingga kini, baru ada satu akses jalan tol untuk menuju ke arah Cibubur-Cileungsi yakni melalui jalan tol Jagorawi dan keluar di pintu jalan tol Cibubur. Akses juga menjadi penghambat perkembangan properti di Cileungsi dan Mekarsari.

Cibubur memang lebih dulu berkembang. Namun, kehadiran proyek-proyek baru menambah padat jalur menuju ke sana. Sejauh ini, hanya akses jalan tol Jagorawi melalui gerbang jalan tol Cibubur yang dapat dilalui.

Namun, kemacetan juga tidak bisa dihindari begitu keluar pintu jalan tol Cibubur melalui Jalan Transyogie hingga Jalan Raya Cileungsi-Mekarsari, Jalan Raya Narogong dan Jalan Cibarusah. Sejak Desember tahun lalu, akses ke Bekasi melalui Cibarusah malah terbutus karena jembatannya ambruk.

Rencana pemerintah

Namun, penghuni dan calon pembeli jangan khawatir. Pemerintah juga berencana membuka akses baru ke areal itu, yaitu ruas jalan tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 25 km.

Ruas jalan tol ini akan menjadi alternatif para penghuni di koridor Cileungsi-Cibubur, dan Mekarsari. Jalan tol sepanjang ini akan membelah koridor itu mulai dari pintu jalan tol Cimanggis di ruas Jagorawi hingga gerbang jalan tol di Cibitung di ruas Jakarta-Cikampek.

Pekan ini, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Nurdin Manurung meninjau langsung jalur yang akan dilalui proyek Cimanggis-Cibitung. Jalan tol bahkan akan melewati langsung kompleks perumahan Kota Wisata Cibubur dan proyek hunian lain.

Pemenang proyek ini sudah ditetapkan tahun lalu, tinggal menunggu teken kontrak karena masih ada perubahan trase dan konstruksi. Maklum proyek ini membelah dan melewati sejumlah hunian elite di koridor itu.

Jika ruas jalan tol ini jadi dibangun, maka prospek hunian dan industri properti di daerah itu dipastikan semakin kompetetif.

Penghuni bisa mempunyai beberapa pilihan akses alternatif yakni melalui Bekasi lewat jalan tol Jakarta-Cekampek atau langsung ke jalan tol Jagorawi melalui pintu tol Cibubur dan pintu jalan tol Cimanggis.

Potensi pasar di koridor itu juga tak main-main. Selain membidik pasar komuter yang bekerja di Jakarta, juga terdapat potensi besar dari pasar yang bekerja di kawasan industri di Bekasi.

Pengembang di koridor ini juga tengah siap-siap memacu penjualan huniannya. Pada 20 Juni lalu, kelompok usaha Ciputra baru membuka fasilitas water park di perumahan Citra Indah.

PT Dwikarya Langgeng Sukses, pengembang hunian Harvest City juga terus meluncurkan klaster-klaster baru di atas lahan seluas 1.050 hektare.

3 comments:

  1. hahaha intinya adalah promosi Harvest City

    ReplyDelete
  2. JORR = Jalan Orak Rampung-rampung hahahahaha....

    ReplyDelete
  3. jorr (jalan tol orah rampung rampung) walau ganti presiden dan menteri.. udah jangan ambil rumah disitu...ak aja mau pindah...macet parah tiap hari

    ReplyDelete