Tuesday, November 24, 2009

TOLL JORR 2 - Pembentukan Badan Usaha Jalan Tol

Kapanlagi.com
Jum'at, 29 Februari 2008 10:21

Pembentukan Badan Usaha Jalan Tol (Special Purpose Vehicle-SPV) Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) 2 ditunggu Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sampai dengan akhir Februari 2009.

"Ada dua ruas yang ditangani PT Jasa Marga Tbk tetapi masih ada persyaratan yang harus diselesaikan dengan Menteri Negara BUMN terkait pembentukan SPV," kata Kepala BPJT, Nurdin Manurung di Jakarta, Jumat.

Sesuai peraturan setiap pembentukan perusahaan patungan BUMN harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari Meneg BUMN selaku pemegang saham mewakili pemerintah, paparnya.

Untuk JORR2 tiga ruas melibatkan BUMN yakni Cengkareng - Kunciran, Kunciran - Serpong, Serpong - Cinere, sedangkan Cimanggis -Cibitung ditangani konsorsium Plus - Bakrie Global.

Sedangkan tiga ruas lainnya, masing-masing ditangani konsorsium Cahaya Mata Sarawak - PTB Jasa Marga Tbk - PT Wijaya Karya Tbk - PT Nindya Karya - PT Istaka Karya, Astratel Leighton - PT Jasa Marga Tbk - Trans Utama, dan konsorsium Thiess - PT Waskita Karya.

Tol JORR2 ruas Cengkareng - Kunciran dan Kunciran - Serpong merupakan ruas yang paling ditunggu masyarakat karena menjadi alternatif menuju Bandara Soekarno Hatta diharapkan beroperasi 2009.

Sementara untuk JORR W1 (Kebon Jeruk - Penjaringan) yang pembebasan tanahnya sudah selesai sejak lama dengan investor PT Jalan Lingkar Barat I, anak perusahaan PT Bangun Tjipta Sarana telah diingatkan untuk segera melakukan konstruksi.

"Minggu lalu, kami sudah memanggil investor bersangkutan untuk segera membangun proyek yang sebenarnya pembebasan tanahnya sudah selesai seluruhnya," kata Nurdin Manurung.

Nurdin mengingatkan, sesuai Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) yang ditandatangani Februari 2007 seharusnya ruas ini sudah beroperasi pada bulan Juli 2008 mendatang.

Nurdin kembali mengingatkan kepada investor JORR W1 agar tidak melakukan bisnis di atas jalan tol yang belum selesai. Apalagi saat ini tercatat dari 25 paket tol yang sudah tandatangan PPJT, 10 paket masih tanda tanya. (*/lin)

No comments:

Post a Comment