Tuesday, November 10, 2009

Wisata di Kota Wisata Cibubur

Sumber: miwibowo.com
miwibowo.com on January 25th, 2009

Sebagai pelopor perumahan dengan konsep hiburan, Kota Wisata Cibubur rupanya dibangun dengan pondasi keseimbangan alam. Artinya segala aspek yang berpengaruh atau mempunyai dampak terhadap lingkungan sekitar oleh pengembang mendapat perhatikan serius. Konsep dasar landscape-nya saja sudah sangat baik, yakni dikelilingi sungai dan hutan.

Salah satu kebijakan pengembang yang cukup tegas mengenai gerakan penghijauan adalah adanya peraturan yang mengatur komposisi lahan atas bangunan. Pembangunan rumah tidak diperbolehkan melebihi 60% dari luas lahan. Dengan begitu sisa lahan yang ada dipergunakan sebagai ruang hijau terbuka sekaligus sebagai areal resapan air hujan. Selain itu, pengembang juga begitu perhatian terhadap pemelihataan tanaman di kawasan Kota Wisata.

Sekalipun buka daerah langganan banjir karena kawasan Cibubur punya ketinggian lebih dibanding daerah di Jakarta, pengembang membangun saluran drainase yang banyak dan berukuran lebar. Pemenuhan kebutuhan air minum warga Kota Wisata sudah lebih baik dari sebelumnya, yakni tidak memanfaatkan air tanah, tetapi menggunakan air dari PDAM sehingga ketersediaan air tanah dapat terjaga dengan baik.


Konsep hijau yang dikembangkan di Kota Wisata ini rupanya mendapat respon baik dari konsumen. Untuk itu pengembang tetap konsisten berjalan di jalur ini, dan konsep hijau ini justru menjadi karakter dan keunggulan dari Kota Wisata.

No comments:

Post a Comment